Hubungi kami (021) 7205788 |  FAQ
Daftar |  Masuk

Kartini Indonesia Abad 21

Kartini-abad-21

Berbicara tentang emansipasi wanita, maka sosok dari Raden Ajeng Kartini tampaknya tidak akan terlepas dari setiap pembicaraan. Usaha yang beliau lakukan untuk bisa memperjuangkan setiap hak wanita untuk bisa mendapatkan sebuah pendidikan pada tingkat setinggi-tingginya dan juga diberikan kesempatan juga yang sama untuk bisa menerapkan ilmu yang dipunyai supaya wanita tidak direndahkan derajatnya. Sehingga Kartini ini dikenal sebagai penggerak dari emansipasi wanita Indonesia. Seiring dengan berkembangnya zaman sekarang ini yang semakin modern semakin banyak pula emansipasi wanita yang bisa dirasakan. Akan tetapi masih banyak juga wanita-wanita yang belum bisa menerapkannya pada dunia nyata.

Betapa beruntungnya para wanita Indonesia sekarang ini. Mereka bukan hanya berkutat pada pekerjaan-pekerjaan rumah yang memang pada dasarnya memang dikaitkan dengan pekerjaan wanita, seperti misalnya saja mencuci baju, mencuci piring, menyapu, memasak, mengepel, mengurus keluarga, dan juga masih banyak lagi. Sekarang ini, di dunia serba modern membuat para wanita bisa dengan bebas mengenyam pendidikan setinggi mungkin, ikut aktif di berbagai macam organisasi dan juga lembaga, serta bahkan bisa menjadi seorang wanita karier yang sukses. Para wanita sekarang ini bahkan bisa bebas melakukan apa saja yang mereka inginkan untuk dikerjakan selama tidak melanggar norma-norma dan peraturan yang berlaku. Para wanita tersebut bahkan juga dituntut supaya bisa aktif dan juga terlibat pada beberapa hal.

Tentang Kartini

Akan tetapi, Anda juga perlu tahu, bahwa bukan suatu hal yang mudah agar bisa menikmati kebebasan yang dapat Anda rasakan seperti sekarang ini. Untuk bisa mencapai kebebasan tersebut, diperlukan juga sebuah pengorbanan dan juga perjuangan yang besar. Seperti Raden Ajeng Kartini yang menjadi pelopor dari bangkitnya perempuan Indonesia. Sosok wanita pejuang yang lahir di Jepara ini lahir di keluarga bangsawan, beliau berhasil mengenyam pendidikan hingga usianya mencapai 12 tahun. Ketika itu bahkan tidak perempuan yang bisa mengenyam pendidikan di bangku sekolah milik Belanda seperti yang beliau lakukan.

Selain dikarenakan sekolah milik Belanda tersebut memang dikhususkan untuk anak-anak bangsawan seperti Kartini, juga alasan lainnya ialah karena pada saat itu di Jawa para perempuan memang diharuskan untuk tinggal di rumah ketika umur mereka sudah 12 tahun, sebab umur tersebut sudah dianggap wanita tersebut sudah dipingit sehingga mereka juga tidak diperbolehkan untuk bisa bersekolah seperti halnya para lelaki lakukan. Hal ini mengakibatkan para perempuan di masa Kartini mempunyai status sosial yang rendah dan tidak memiliki pendidikan yang tinggi.

Kartini pun berniat untuk bisa menciptakan sebuah perubahan supaya para wanita tidak lagi dianggap sebagai teman belakang yang hanya duduk di rumah dan hanya melakukan segala macam pekerjaan rumah saja. Meskipun pada saat itu tidak diperbolehkan untuk keluar rumah, namun beliau tidak lantas diam. Beliau suka membaca majalah-majalah Eropa dan merasa kagum akan pola pikir yang dimiliki oleh para perempuan yang ada di Eropa. Kartini juga pandai berbahasa Belanda dan juga beliau rajin mengirim surat kepada temannya di Belanda supaya bisa bertukar pikiran. Namun di abad 21 ini, Kartini memang sudah tidak ada, namun karena kegigihan yang dimiliki oleh Kartini pada zaman dahulu, sekarang ini justru banyak Kartini-Kartini yang berpengaruh baik terhadap masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Kartini Abad 21

Saat ini banyak muncul sosok Kartini modern yang tentunya membawakan pengaruh positif kepada seluruh masyarakat di seluruh Indonesia dan bahkan dunia. Kartini-kartini abad 21 tersebut adalah:

  • Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan Kabinet Presiden Jokowi ini merupakan salah satu menteri wanita Indonesia yang kerap mendapat cibiran karena latarbelakang pendidikannya tetapi justru tetap memperjuangkan hak dan keadilan para nelayan di Indonesia. Namun program kerja, kinerja, serta ketegasan beliau patut diacungi jempol sebagai seorang wanita yang kuat.
  • Risma. Walikota Surabaya ini juga berhasil memberikan inspirasi para wanita Indonesia. Beliau membuat kota Surabaya menjadi lebih baik, indah, dan bersih dari segala macam sampah. Beliau yang juga ikut andil dalam segala macam kegiatan yang dilakukan ini menjadi walikota favorit warga Indonesia.
  • Sri Mulyani. Sri Mulyani ini merupakan sosok wanita pertama yang ada di Indonesia bahkan di dunia yang menjabat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia hingga diminta untuk pulang ke tanah air untuk menjadi Menteri Perekonomian Kabinet Jokowi. Beliau menempati nomor 72 dari 100 wanita yang paling berpengaruh versi majalah Forbes.
  • Megawati. Anda pasti tidak asing dengan nama ini, ibu Megawati. Anak dari Ir Soekarno ini berhasil menjadi wanita pertama yang memimpin Indonesia, dan hingga saat ini belum ada lagi wanita yang menjadi pemimpin negara Indonesia ini. Dengan demikian maka terbukti bahwa bukan hanya pria saja yang bisa memimpin, namun wanita juga bisa menjadi seorang pemimpin yang bijaksana dan bertanggungjawab.
  • Najwa Shihab. Perempuan yang lulus di universitas ternama yakni Universitas Indonesia – Fakultas Hukum ini telah menemukan passion pada bidang jurnalistik. Usaha keras yang telah dilakukannya selama ini juga berhasil mendapatkan penghargaan ternama.
  • Dian Pelangi. Desainer wanita Indonesia yang mempunyai ciri khas pada warna pakaian yang dibuat cerah dan ceria ini lulus dari sekolah mode ESMOD Jakarta telah berhasil membuktikan eksistensinya di dunia fashion sampai skala internasional. Kreasi darinya menjadi inspirasi bagi para hijabers di Indonesia dan dunia.
  • Clara Sumarwati. Wanita yang lahir di Jogja pada tanggal 6 Juli 1967 ini ialah seorang wanita Indonesia dan pertama di Asia Tenggara yang berhasil mendaki puncak Gunung Everest pada tahun 1996. Kegigihannya supaya bisa mencapai sesuatu ini patut ditiru dan dijadikan teladan oleh setiap wanita di dunia. Ia berkerja keras supaya bisa mencapai puncak Gunung Everest yang memang sudah tidak diragukan lagi medannya.
  • Agnes Monica. Salah satu penyanyi wanita Indonesia yang mengepakkan sayapnya hingga mencapai internasional ialah Agnes Monica. Prestasi yang didapatkan oleh penyanyi wanita yang dari kecil telah masuk di dunia hiburan ini telah mendapatkan banyak penghargaan hingga ia bisa sampai Go Internasional seperti sekarang.
  • Ida Fiqriah. Menjadi seorang pilot memang banyak diidamkan oleh hampir semua orang, banyak yang menganggap bahwa pilot ialah pekerjaan pria. Namun Ida Fiqriah merupakan kapten pilot pertama dari maskapai Garuda Indonesia. Dengan demikian juga bisa memberikan motivasi bagi para wanita yang ingin menjadi seorang pilot bukan hal yang tidak mungkin dilakukan.
  • Pratiwi Sudarmono. Astronot pertama di Indonesia bahkan di Asia ialah Pratiwi Sudarmono. Beliau hampir menjalankan misi keluar angkasa, namun disayangkan roket yang akan dinaiki meledak di sebelumnya, sehingga ia gagal menjalankan misi ke kuar angkasa. Namun beliau tetap menjadi pilot wanita pertama yang ada di Indonesia dan Asia.

Memperjuangkan hak dari seorang wanita memang bukan perkara mudah, mengingat pada zaman dahulu juga pendidikan masih terbilang rendah. Kartini merupakan sosok yang banyak memberikan inspirasi bagi para wanita di Indonesia bahkan dunia untuk bisa berpikiran lebih maju lagi tanpa menghilangkan kewajiban menjadi seorang wanita. Untuk Anda para wanita Indonesia saat ini, banyak yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjadi Kartini Modern Abad 21. Baik Anda berprofesi sebagai pekerja kantoran, ibu rumah tangga, atau pengusaha, banyak yang bisa Anda lakukan walaupun Anda juga menjalankan tugas Anda sebagai seorang Ibu, misalnya dengan berbisnis online. Dengan AeroTicket, Anda bisa menjalani bisnis Anda kapan dan dimana saja hanya dengan bermodal gadget dan koneksi internet.

*Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menginspirasi. Tentunya, nama-nama diatas bukan sosok yang sempurna, namun kinerja beliau-beliau dalam profesinya patut untuk dihargai dan diharapkan menjadi inspirasi bagi para wanita Indonesia.

Semoga menginspirasi 🙂

About Marselina Agusta