Hubungi kami (021) 7205788 |  FAQ
Daftar |  Masuk

5 Alasan Anda harus mengunjungi Raja Ampat

WEB_BANNER_RAJA-AMPAT

Raja Ampat, sebuah Kabupaten yang termasuk kedalam wilayah Provinsi Papua Barat. Meski berada di ujung timur Indonesia namun pesonanya mampu menyihir banyak mata dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi impian bagi para pejalan. Partner Aero penasaran ada apa saja di Raja Ampat? Atau justru masih bingung, kenapa harus ke Raja Ampat? Berikut kami berikan 5 alasan kenapa Partner Aero dapat memasukkan Raja Ampat dalam daftar liburan.

1. Melihat Raja Ampat dari puncak Wayag
Siapa yang tidak mengetahui Wayag. Ikon Raja Ampat ini memang terletak agak jauh dari pusat Kabupaten Raja Ampat. Butuh waktu satu hari penuh untuk bisa menikmati Wayag dan butuh usaha ekstra untuk berjalan melewati karang. Namun semua peluh akan terbayar lunas dari puncak Wayag.

Sejauh mata memandang Anda akan melihat gradasi warna air laut, hijau, tosca, turqouise dan berakhir dengan biru tua. Belum lagi horizon yang nampak tidak ada batasnya, birunya langit dengan gumpalan awan yang berarak perlahan serta gugusan karst seperti cendawan yang muncul begitu saja dari dalamnya lautan. Belum puas sampai disitu, cobalah perhatikan dengan seksama laut disekitar Wayag, air yang sebening kristal seperti memanggil Anda untuk menyentuhnya menampakkan terumbu karang yang sehat serta ikan-ikan yang berenang dengan lincah.

Mengabadikan pesona lukisan alam Wayag nampaknya jadi hal yang wajib dilakukan. Jangan khawatir tentang hasil foto Anda. Apapun kamera Anda, hasilnya pasti memuaskan karena pada dasarnya Wayag memang sudah indah. Bermain pasir putih atau bermain air bisa juga menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan di Wayag. Jangan lupa untuk mengenakan sepatu yang nyaman jika Anda mendaki ke Puncak Wayag mengingat karang-karang yang cukup tajam.

2. Menikmati keindahan bawah laut

shutterstock_153226391

Raja Ampat memiliki alam bawah laut yang Indah. Hal ini sudah diakui oleh dunia internasional dengan memasukkan Raja Ampat kedalam Coral Triangle. Perlu diketahui bahwa Raja Ampat merupakan tempat tinggal untuk lebih dari 70% spesies laut yang ada di dunia, sekitar 540 jenis karang, 1511 jenis ikan serta 700 jenis hewan tak bertulang belakang pun dapat Anda temukan di perairan Raja Ampat. Dengan luas perairan mencapai 80% dari luas keseluruhan wilayah, Raja Ampat memang bak nirwana bagi para penyuka olahraga selam dan menjadi salah satu spot menyelam terbaik didunia.

Namun untuk Anda yang belum memiliki pengalaman dalam olahraga selam atau belum memiliki lisensi menyelam jangan risau, Anda tetap dapat menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat dengan snorkeling. Batu Lima, Friwen Wall dan Yenbuba adalah 3 spot yang bisa Anda kunjungi untuk snorkeling. Airnya yang jernih serta jarak pandang yang luas membuat Anda dapat melihat keindahan bawah laut dengan leluasa. Terumbu karang yang cantik, schooling fish atau jika Anda beruntung bisa juga bertemu manta yang menjadi primadona di Raja Ampat.

3. Berpose di Pianemo

shutterstock_241867642

Pada pergantian tahun kemarin, netizen dihebohkan oleh kehadiran Bapak Jokowi di Raja Ampat. Foto yang tersebar luas di media sosial memperlihatkan bagaimana Bapak Jokowi berpose di puncak Pianemo dengan latar belakang gugusan karst. Keindahan pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini memang memukau hingga pak Jokowi pun menyebutnya sebagai surga kecil di tanah Papua.

Pianemo disebut-sebut sebagai mini Wayag karena pemandangan dari puncak Pianemo memang menyerupai Wayag. Hanya saja pulau karst yang menyebar disekelilingnya berukuran lebih kecil jika dibandingkan Wayag, namun dengan jarak tempuh yang lebih dekat. Hanya dibutuhkan waktu 2 Jam perjalanan dari ibu kota kabupaten Raja Ampat. Berangkatlah lebih pagi maka Anda bisa melihat indahnya sunrise di Pianemo. Untuk menuju ke puncak Pianemo tersedia tangga kayu sehingga memudahkan wisatawan. Pianemo memang tak boleh terlewat jika kita berkunjung ke Raja Ampat. Siapkan pose terbaik Anda dan siaplah terpesona dengan keindahan Pianemo.

4. Bertandang ke desa Arborek

shutterstock_321845717

Desa wisata Arborek berada di kawasan Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau dengan luas 6 hektar ini merupakan pionir dalam hal mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dalam konservasi laut. Desa Arborek memiliki pantai yang landai, hamparan pasir putih, bersih dan halus yang memenuhi setiap sudut desa, serta masyarakat yang tersenyum ramah sambil membuat berbagai kerajinan dapat Anda temui di Desa Arborek. Anda pun dapat membeli kerajian topi (Kaya Fyof), topi gelombang yang mirip seperti Topi Sombrero dari Meksiko dan tas tali (Noken) sebagai souvenir langsung pada warga desa Arborek.

Desa Arborek memiliki sebuah dermaga yang memanjang ke tengah laut dimana pada bagian ujung dermaga Anda dapat melihat langsung kehidupan bawah laut yang masih terjaga dengan baik. Duduk-duduk di dermaga atau menceburkan diri dan bermain dengan ikan-ikan menjadi pilihan yang menyenangkan. Jika Anda beruntung maka Anda dapat bertemu dengan Pari Manta yang sering menampakkan diri di perairan sekitar Arborek.

Berkeliling desa juga bisa jadi pilihan aktivitas selama di Desa Arborek. Bercengkrama dengan masyarakat atau bermain bersama dengan anak-anak desa yang akan menyambut ajakan Anda dengan hangat. Travelling sambil mengenal kearifan lokal akan jadi pengalaman yang berkesan untuk Anda.

5. Roti Gulung Abon yang legendaris
Berwisata tak lengkap rasanya jika tak membawa buah tangan untuk kerabat dan sahabat. Roti Gulung Abon adalah oleh-oleh favorit yang bisa jadi pilihan. Adonan roti digulung dengan abon sebagai filling dan sekaligus digunakan sebagai topping. Ada beberapa pilihan rasa untuk roti gulung ini seperti sapi, ayam, tuna, keju dan coklat. Harga per potongnya adalah 10 ribu rupiah, sangat sesuai dengan bentuk, rasa yang gurih serta tekstur yang lembut dan empuk.

Anda dapat membeli roti Abon di kota Sorong dalam perjalanan menuju Bandara. Cobalah pergi ke Toko Roti Billy Bakery di Jalan Ahmad Yani, Sorong dan rasakan sensasi cita rasa kuliner Papua. Jika Anda terburu-buru, Anda dapat membeli Roti Gulung Abon di Bandara Domine Eduard Osok.

Tertarik berkunjung ke surga kecil di timur Indonesia ini? Kami menyediakan paket perjalanan menikmati Raja Ampat dengan harga yang bersahabat. Hanya dengan 4.750.000 saja Anda sudah bisa menikmati Raja Ampat. Segera hubungi Agen AeroTicket terdekat di tempat Anda, hubungi support kami di reservation[at]aeroticket.co.id dan (021) 7205788.

About Suci Rifani